4 Penyebab Bruntusan Di Dagu

Penyebab Bruntusan Di Dagu

Penyebab bruntusan di dagu mayoritas dikarenakan produksi minyak berlebih. Dagu yang juga merupakan bagian dari T-Zone di wajah memang cenderung lebih banyak memproduksi minyak dibandingkan dengan area lain.

Namun, selain akibat produksi minyak berlebih, berikut merupakan penyebab bruntusan di dagu :

  1. Perubahan hormon

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa arti letak bruntusan atau jerawat di dagu seringkali menandakan naik-turunnya hormon.Ketika hormon androgen meningkat, maka sebum (minyak alami kulit) juga akan mengalami peningkatan. Hal ini bisa menyumbat pori-pori di dagu dan membuat timbulnya bruntusan di dagu.

  1. Kurang menjaga kebersihan wajah

Jerawat di dagu bisa pula disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan wajah.Ketika kebersihan kulit wajah tidak terjaga dengan baik, maka pori-pori di dagu dapat tersumbat oleh minyak, kotoran, sel-sel kulit mati dan bakteri yang menempel. Akibatnya, pori-pori wajah pun akan meradang dan menjadi penyebab bruntusan dan jerawat di dagu dapat muncul.

  1. Adanya rambut tumbuh ke dalam

Rambut yang tumbuh ke dalam (ingrown hair) terjadi pada Pria yang memiliki kebiasaan sering mencukur jenggot lebih berisiko mengalami rambut di sekitar dagunya tumbuh ke dalam kulit. Kondisi tersebut mungkin saja timbul akibat penggunaan alat cukur atau pinset yang tidak steril.Namun, hal ini juga dapat terjadi pada wanita hingga menimbulkan benjolan yang menyerupai bruntusan atau jerawat.

  1. Penyebab lainnya

Bruntusan di dagu juga dapat disebabkan oleh factor lain yang mampu meningkatkan produksi sebum berlebih di kulit. Misalnya stress, kurang tidur, konsumsi makanan tertentu, sampai efek dari mengkonsumsi obat seperti pil KB, anti depresan atau kortikosteroid.

Penyebab Bruntusan Di Wajah

Setelah mengetahui penyebab bruntusan di dagu, selanjutnya mari kita mempelajari mengenai penyebab bruntusan di wajah, diantaranya :

  1. Paparan sinar matahari dan keringat
  2. Terkena kotoran rambut
  3. Sisa make up dan pembersih wajah
  4. Tidak melakukan eksfoliasi kulit
  5. Alergi produk perawatan wajah
  6. Peralatan make up yang kotor
  7. Sarung bantal dan handuk yang kotor

Penyebab Bruntusan Di Jidat

Selain penyebab bruntusan di dagu dan penyebab bruntusan di wajah, kebanyakan orang juga kerap kali merasakan penyebab bruntusan di jidat, penyebab-penyebab itu diantaranya :

  1. Penyebab hormonal

Sama seperti penyebab bruntusan di dagu dan wajah, penyebab bruntusan di jidat juga salah satunya adalah penyebab hormonal.

  1. Stress

Keadaan emosi tidak stabil dan stess memang cenderung meningkatkan resiko bruntusan baik di dagu, wajah maupun jidat.

  1. Obat-obatan

Beberapa jenis obat memang dapat menyebabkan masalah wajah seperti bruntusan dan jerawat. Diantaranya termasuk steroid tertentu, antikonvulsan, barbiturate, atau litium.

  1. Kebersihan rambut

Kebersihan rambut adalah penyebab spesifik mengapa bruntusan sering muncul di jidat. Jika anda tidak melakukan keramas secara teratur dapat menyebabkan timbunan minyak di dahi dan penyumbatan yang memicu timbulnya bruntusan.

  1. Produk perawatan rambut

Produk perawatan rambut yang tidak tepat dapat memicu reaksi di kulit sekitar rambut dan menimbulkan bruntusan. Produk penata rambut dan pelurus rambut kerap kali menjadi penyebab utama bruntusan diantaranya pomades, minyak rambut, gel rambut, dan wax/lilin rambut.

  1. Adanya iritasi

Iritasi dapat disebabkan oleh penggunaan make up atau aksesoris rambut seperti topi dan bandana yang beresiko menyebabkan iritasi dan dapat menimbulkan bruntusan serta jerawat kemerahan.

Penyebab Bruntusan Di Badan

Penyebab bruntusan selanjutnya yang akan dibahas oleh tipshidup kali ini adalah penyebab bruntusan di badan, yaitu :

  1. Bahan-bahan yang digunankan tubuh seperti bahan pakaian,
  2. Produk kecantikan seperti sabun mandi
  3. Pelembab tubuh dan juga deterjen,
  4. Aktifitas fisik seperti sering berkeringat,
  5. Sering terpapar polusi serta
  6. Riwayat alergi seperti pada alergi debu, makanan (telur, makanan laut, susu, produk susu).

Apabila beruntusan disertai dengan lepuhan yang luas, beruntusan hampir seluruh tubuh, beruntusan disertai nyeri hebat, terdapat lepuh yang disertai luka lecet pada mata, mulut, atau kelamin, segera hubungi dokter spesialis kulit.

Baca Juga >>>  5 Cara Mencuci Wajah Yang Benar Untuk Menghilangkan Bruntusan <<<

Penutup

Itu tadi artikel tipshidup tentang Penyebab bruntusan di dagu, Penyebab bruntusan di wajah, Penyebab bruntusan di jidat dan Penyebab bruntusan di leher. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Your email address will not be published.