4 Jenis Biaya Remittance BCA Update, No Bingung!

Biaya Remittance BCA

Biaya remittance BCA sangat perlu diketahui terutama bagi anda yang memiliki kebutuhan tinggi terkait transaksi keuangan untuk bisnis anda baik eskpor maupun impor.

Bagi anda yang melakukan jenis usaha ekspor, maka biaya remittance BCA yang perlu anda ketahui adalah biaya remittance outward.

Bagi anda yang melakukan jenis usaha impor, maka biaya remittance BCA yang perlu anda ketahui adalah biaya remittance inward.

Apa Itu Remittance ?

Sebelum mengetahui terkait biaya remittance BCA, maka mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu remittance.

Remittance adalah layanan transfer yang disediakan oleh bank-bank devisa untuk mengirim atau menerima uang dalam mata uang asing (valas) dari dan ke luar negeri.

Dari pengertian diatas maka biaya remittance BCA dibagi menjadi dua yaitu :

  1. Inward remittance atau dapat juga disebut incoming remittance: layanan transfer yang disediakan oleh bank-bank devisa untuk menerima uang dalam mata uang asing (valas) dari luar negeri.
  2. Outward remittance atau dapat juga disebut outgoing remittance: layanan transfer yang disediakan oleh bank-bank devisa untuk mengirim uang dalam mata uang asing (valas) ke luar negeri.

Berapa biaya Remittance BCA?

Berdasarkan pengertian remittance diatas, maka biaya remittance BCA juga dibagi menjadi dua, yaitu biaya outward remittance dan juga biaya inward remittance.

Biaya Remittance BCA (Outward)

Biaya yang dikenakan untuk outward remittance BCA dibagi menjadi dua yaitu biaya outward remittance untuk mata uang asing (valas) dan biaya remittance untuk mata uang rupiah.

Layanan outward remittance BCA mengikuti peraturan yang telah ditentukan oleh BI, dimana untuk mata uang diatas USD 25.000 maka anda harus menyertakan underlying transaksi baik berupa invoice atau bukti transaksi lain.

Biaya remittance BCA (outward) untuk mata uang asing adalah sebagai berikut :

  1. Jika sumber dana yang diremittance kan adalah rekening USD anda di BCA maka dikenakan biaya RP 50.000
  2. Jika layanan remittance ini dilakukan via e-channel misalnya klik bca transfer ke luar negeri maka dikenakan biaya Rp. 35.000
  3. Provisi (in lieu of echange) adalah jika jenis rekening asal dengan mata uang yang dilakukan remittance memiliki mata uang sama maka anda akan dikenakan biaya provisi yang besarnya 0.125% dari total nominal transaksi namun di cap dengan minimal USD 5 dan makasimal USD 150.

Contoh : anda memiliki rekening USD di BCA dan akan melakukan transfer USD ke luar negeri dengan menggunakan dana yang berasal dari rekening USD anda di BCA anda, maka anda akan dikenakan biaya provisi.

  1. Untuk provisi banknotes, maka anda dikenakan biaya 0.25%-2% dari nominal yang dikirimkan.
  2. Jika anda menginginkan full amount atau penerima menerima ful nominal yang anda remittance kan maka anda dikenakan biaya USD 25.
  3. Khusus untuk mata uang THB atau Thailand baht dan MYR atau Malaysian ringgit maka biaya yang dikenakan adalah USD 5.
  4. Untuk value today atau diproses hari itu juga maka ditambah biaya sebesar Rp 30.000

Biaya remittance BCA (outward) untuk mata uang rupiah adalah sebagai berikut :

  1. Biaya transaksi atau biaya telex dikenakan biaya Rp. 50.000
  2. Sementara untuk biaya full amount BCA atau penerima menerima full nominal rupiah yang dikirimkan, maka dikenakan biaya sebesar Rp 200.000

Biaya Remittance BCA (Inward)

Layanan inward remittance BCA ini hampir mirip dengan layanan penerimaan uang dari luar negeri lainnya. Biaya yang dikenakan untuk inward remittance BCA dibagi menjadi dua yaitu biaya remittance BCA (inward) untuk mata uang asing (valas) dan biaya remittance BCA (inward) untuk mata uang rupiah.

Biaya yang dikenakan untuk inward remittance dalam mata uang asing (valas) adalah sebagai berikut :

  1. Jika dana yang diterima dalam mata uang asing apapun (valas) dikreditkan ke rekening USD anda, maka biaya yang dikenakan adalah USD 5 dengan kurs yang berlaku pada hari penerimaan
  2. Jika dana yang diterima dalam mata uang asing apapun (valas) dikreditkan langsung ke rekening rupiah, maka biaya yang dikenakan adalah USD 5 dengan kurs yang berlaku pada hari penerimaan
  3. Jika dana yang diterima dalam mata uang asing apapun (valas) dicairkan langsung atau ditarik langsung dalam mata uang rupiah, maka biaya yang dikenakan adalah USD 10 dengan kurs yang berlaku pada hari penerimaan
  4. Jika dana yang diterima dalam mata uang asing apapun (valas) langsung ditransfer ke rekening bank lain, maka biaya yang dikenakan adalah USD 10 dengan kurs yang berlaku pada hari penerimaan

Biaya yang dikenakan untuk inward remittance dalam mata uang rupiah adalah sebagai berikut :

  1. Jika dana yang diterima dalam mata uang Rupiah dikreditkan ke rekening BCA anda, maka biaya yang dikenakan adalah Rp 35.000
  2. Jika dana yang diterima dalam mata uang Rupiah dicairkan langsung atau ditarik langsung dalam mata uang rupiah, maka biaya yang dikenakan adalah Rp 150.000
  3. Jika dana yang diterima dalam mata uang Rupiah langsung anda transferkan ke rekening bank lain, maka biaya yang dikenakan adalah Rp 50.000

Baca juga >>>  7 Langkah Cara Pakai KeyBCA Paling Simple <<<

Penutup

Demikian artikel tishidup.com tentang Biaya remittance BCA dan berbagai detail di dalamnya, semoga dapat membantu mengatasi permasalahan hidup anda terutama terkait keuangan. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.