8 Tips Cara Membedakan Giok Asli Dan Palsu

Cara Membedakan Giok Asli Dan Palsu

Cara membedakan giok asli dan palsu terkadang dibutuhkan terutama jika anda berencana untuk menghadiahkan batu mewah ini ke kerabat dekat anda atau bahkan berencana berinvestasi di batu giok.

Pada kesempatan kali ini tipshidup akan membahas topik utama tentang cara membedakan giok asli dan palsu beserta berbagai informasi terkait lainnya.

Apa Itu Batu Giok?

Sebelum membahas tentang cara membedakan giok asli dan palsu, mari kita simak terlebih dahulu penjelasan terkait apa itu giok.

Giok adalah batu permata yang sering digunakan sebagai perhiasan, bahakn digunakan untuk keperluan seremonial dan keagamaan. Giok biasanya berwarna hijau, namun banyak juga giok berwarna kuning ataupun putih.

Giok telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu dan banyak yang berasal dari daerah Tibet, Tiongkok dan Birma sebagai komoditas ekspor.

Giok juga dipercaya berkhasiat membuat menyembuhkan penyakit, menimbulkan ketenangan, kegembiraan dan kesehatan, keselamatan.

Apa Saja Jenis Giok?

Secara umum, giok dibedakan menjadi dua kategori yaitu nephrite dan jadeite, berikut sekilas penjelasan terkait keduanya :

Nephrite

Giok nephrite hadir dalam berbagai warna hijau, abu-abu dan juga berbagai variasi warna seperti coklat, kuning, dan putih. Giok yang populer di China dengan sebutan lemak daging kambing (mutton fat) adalah sejenis nephrite putih krem, sedangkan versi putih gading hingga coklat mudanya dikenal sebagai giok tulang ayam (chiken bone).

Jadeite

Jadeite adalah jenis batu giok hijau yang juga hadir dalam varietas lavender-abu-abu hingga biru-hijau. Salah satu jenis Jadeite yang sangat disukai oleh kaisar terakhir Tiongkok adalah variasi zamrud hijau yang dikenal sebagai Imperial Jade.

Warna utamanya adalah variasi hijau, biru, hijau, hijau tua, dan hijau pucat. Namun, Anda dapat menemukannya dalam beberapa warna langka seperti warna pink, lavender, dan kehitaman hingga ungu muda dengan sedikit bintik-bintik putih.

Berbeda dengan nephrite, jade memiliki kualitas tembus pandang yang membuat mereka tampak seperti kaca saat anda terawang pada siang hari.

Bagaimana Cara Membedakan Giok Asli Dan Palsu?

Sebagai lambing kemurnian, kebajikan, kebijaksanaan serta keberanian, harga giok semakin lama semakin melonjak berkat tingginya permintaan pelanggan.

Sebagian oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi ini dengan membuat replica giok yang terkadang hampir sangat mirip dengan giok asli yang dikenal masyarakat.

Untuk itu ada baiknya anda mengetahui beberapa langkah pencegahan. Berikut beberapa cara membedakan giok asli dan palsu :

  1. Periksa tekstur

Meskipun Giok terdiri dari berbagai warna, namun satu hal yang pasti adalah warna-warna tersebut tidak akan buram atau kusam. Tekstur yang buram atau kusam dapat menjadi satu tanda awal bahwa giok tersebut tidak asli. Giok yang buram atau kusam bisa saja diwarnai dengan bahan kimia.

  1. Periksa Jika ada gelembung

Cara membedakan giok asli dan palsu selanjutnya adalah dengan memeriksa gelembung. Jika di dalam batu giok yang anda beli itu terdapat gelembung-gelembung yang tidak bias aitu juga dapat menjadi tanda berikutnya jika giok anda tidak asli. Giok asli memiliki kombinasi mineral yang konsisten dan tidak bergelembung.

  1. Periksa jika ada 2 jenis warna dalam satu batu giok

Batu giok asli tidak akan memiliki dua warna berbeda dalam satu batu. Jika giok yang anda miliki atau anda beli memiliki dua warna maka kemungkinan perhiasan tersebut terbuat dari kaca atau batu giok imitasi agar terlihat seperti batu permata asli.

  1. Lakukan Tes Cahaya

Tes cahaya menjadi salah satu cara yang paling mudah dari semua opsi tentang cara mengetahui apakah batu giok itu asli. Letakkan giok di bawah lampu dan perhatikan konsistensi warnanya. Giok palsu akan memiliki noda di dalamnya atau warnanya tidak konsisten.

  1. Periksa kesempurnaan bentuk

Giok asli memiliki bentuk simetris dan sempurna, jika giok anda memiliki penyok di sisinya, atau betnuknya tidak simetris ini dapat menjadi warning bahwa giok anda palsu.

  1. Periksa Kepadatan Giok

Lemparkan ke udara, dan Ketika giok terasa berat Ketika ditangkap maka dapat dipastikan bahwa giok anda asli. Giok asli memiliki kepadatan yang cukup tinggi dimana giok nefrit memiliki density sekitar 2.90-3.03 dan batu giok jadeite memiliki density sekitar 3,30-3,38).

  1. Dengarkan suara yang keluar dari Giok

Cara membedakan giok asli dan palsu terakhir adalah dengan mendengarkan baik-baik suara giok anda, caranya dengan mengetuk lembut benda metalik seperti kunci atau koin , Jika terbuat dari kaca, plastik, atau bahan ringan lainnya, suaranya akan terdengan seperti gema kosong. Jika giok anda asli, maka suara timbul terdengar seperti suara resonansi yang lebih dalam dan tidak bersuara.

  1. Lakukan “Scratch Test”

Scratch test atau Tes Gores adalah salah satu cara membedakan giok asli dan palsu. Batu giok asli sangat keras sehingga tidak mudah tergores dengan benda logam biasa yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, kekerasan baja adalah 5,0 pada skala Mohs tetapi batu giok berkisar antara 6,0 dan 7,0, sehingga baja tidak dapat merobek permukaan batu giok.

Baca juga >>>  5 Cara Cek Kode Adidas Ori & Cek Keaslian Simple  <<<

Penutup

Demikian artikel tipshidup tentang cara membedakan giok asli dan palsu dan juga berbagai informasi terkait lainnya. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *