close

Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli Dan Palsu

Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli Dan Palsu

Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli Dan Palsu merupakan salah satu pengetahuan yang wajib dikuasai terutama jika anda berencana membeli emas bukan dari penjual resmi seperti antam dan juga galeri 24.

Pada kesempatan kali ini tipshidup akan membahas topik utama tentang Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli Dan Palsu beserta informasi terkait lainnya.

Apa Saja Jenis-Jenis Emas ?

Sebelum membahas lebih lanjut topik utama tentang Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli Dan Palsu mari kita simak terlebih dahulu apa saja jenis-jenis emas yang perlu kita ketahui :

  1. Emas murni atau 24 karat: Emas murni adalah emas yang tidak tercampur dengan logam lain. Emas murni memiliki kadar emas yang paling tinggi, yaitu 100% atau 24 karat. Emas murni biasanya digunakan untuk pembuatan perhiasan emas yang bersifat simbolik, seperti cincin perkawinan. Namun, emas murni tidak cocok digunakan sebagai perhiasan sehari-hari karena mudah tergores dan cepat terkikis.
  2. Emas 18 karat: Emas 18 karat terdiri dari 75% emas murni dan 25% logam campuran lain, seperti perak, tembaga, dan palladium. Emas 18 karat memiliki kekerasan dan kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan emas murni, sehingga cocok digunakan sebagai perhiasan sehari-hari.
  3. Emas 14 karat: Emas 14 karat terdiri dari 58,5% emas murni dan 41,5% logam campuran lain. Emas 14 karat memiliki kekerasan dan kekuatan yang lebih rendah dibandingkan dengan emas 18 karat, namun masih cocok digunakan sebagai perhiasan sehari-hari.
  4. Emas 10 karat: Emas 10 karat terdiri dari 41,7% emas murni dan 58,3% logam campuran lain. Emas 10 karat memiliki kekerasan dan kekuatan yang lebih rendah dibandingkan dengan emas 14 karat, namun masih cocok digunakan sebagai perhiasan sehari-hari.

Selain emas murni, 18 karat, 14 karat, dan 10 karat, terdapat juga emas dengan kadar emas yang lebih rendah, seperti emas 9 karat dan emas 8 karat. Namun, emas dengan kadar emas yang lebih rendah tidak biasa digunakan sebagai perhiasan karena kekerasan dan kekuatannya yang lebih rendah.

Bagaimana Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli Dan Palsu?

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membedakan perhiasan emas asli dan palsu:

  1. Cari tahu kadar emas pada perhiasan tersebut : Kadar emas pada perhiasan emas asli biasanya tercantum pada bagian belakang atau sisi dalam perhiasan. Kadar emas yang tercantum biasanya dalam persentase, seperti 18 karat atau 22 karat. Perhiasan emas yang palsu biasanya tidak memiliki kadar emas yang tercantum pada bagian belakang atau sisi dalam perhiasan.
  2. Lihat keberatan perhiasan emas : Perhiasan emas asli biasanya memiliki berat yang lebih berat dibandingkan dengan perhiasan emas palsu. Hal ini disebabkan karena perhiasan emas asli terbuat dari emas murni yang memiliki berat yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan-bahan lain yang digunakan untuk membuat perhiasan emas palsu.
  3. Lihat kejernihan perhiasan emas : Perhiasan emas asli biasanya memiliki kejernihan yang lebih terang dibandingkan dengan perhiasan emas palsu. Perhiasan emas palsu biasanya memiliki kejernihan yang lebih gelap atau tidak terang.
  4. Lihat apakah perhiasan emas tersebut mudah tergores : Perhiasan emas asli biasanya tidak mudah tergores, sedangkan perhiasan emas palsu mudah tergores karena terbuat dari bahan-bahan yang lebih lunak.
  5. Lihat apakah perhiasan emas tersebut terdapat cacat atau tidak : Perhiasan emas asli biasanya tidak memiliki cacat, sedangkan perhiasan emas palsu biasanya memiliki cacat yang mudah terlihat.
  6. Lihat apakah perhiasan emas tersebut terdapat cacat atau tidak : Perhiasan emas asli biasanya tidak memiliki cacat, sedangkan perhiasan emas palsu biasanya memiliki cacat yang mudah terlihat.
  7. Coba sentuh dan rasakan permukaan perhiasan emas tersebut: Perhiasan emas asli biasanya terasa lebih halus dan lembut di permukaan, sedangkan perhiasan emas palsu biasanya terasa kasar dan tidak halus.
  8. Lihat apakah perhiasan emas tersebut mudah terkikis atau tidak: Perhiasan emas asli biasanya tidak mudah terkikis, sedangkan perhiasan emas palsu mudah terkikis karena terbuat dari bahan-bahan yang lebih lunak.
  9. Lihat apakah perhiasan emas tersebut memiliki warna yang merata atau tidak: Perhiasan emas asli biasanya memiliki warna yang merata, sedangkan perhiasan emas palsu biasanya memiliki warna yang tidak merata.
  10. Lihat apakah perhiasan emas tersebut memiliki finishing yang rapi atau tidak. Perhiasan emas asli biasanya memiliki finishing yang rapi, sedangkan perhiasan emas palsu biasanya memiliki finishing yang tidak rapi.

Baca Juga >>>  8 Tips Cara Membedakan Giok Asli Dan Palsu  <<<

Penutup

Dengan mengetahui Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli Dan Palsu di atas, Anda dapat membedakan perhiasan emas asli dan palsu dengan lebih mudah. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat membeli perhiasan emas agar tidak salah membeli perhiasan emas palsu. Selalu pastikan untuk membeli perhiasan emas dari toko atau penjual yang terpercaya agar tidak terjebak membeli perhiasan emas palsu. Sampai jumpa di artikel tipshidup selanjutnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *