3 Cara Membuat Kalimat Pasif Bahasa Inggris

close

Cara Membuat Kalimat Pasif Bahasa Inggris

Cara membuat kalimat pasif bahasa inggris wajib anda kuasai terutama dikarenakan penggunakan kalimat pasif ini essensial digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Pada kesempatan kali ini, tipshidup akan membahas topik utama tentang cara membuat kalimat pasif bahasa inggris beserta berbagai informasi terkait lainnya.

Apa Itu Kalimat Pasif?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat kalimat pasif bahasa inggris, mari kita simak terlebih dahulu pengertian dari kalimat pasif itu sendiri.

Kalimat pasif adalah kalimat yang digunakan untuk menunjukkan bahwa seseorang atau sesuatu melakukan tindakan terhadap subjek dalam kalimat.

Dalam bahasa Inggris, kalimat pasif dapat dibuat dengan menggunakan bentuk verb “to be” (is, am, are) dan past participle dari verb yang digunakan.

Bagaimana Cara Membuat Kalimat Pasif Bahasa Inggris?

Setelah mengetahui pengertian dari kalimat pasif, maka selanjutnya mari kita simak cara – cara membuat kalimat pasif Bahasa inggris, berikut  selengkapnya :

  1. Pertama-tama, tentukan subjek dari kalimat aktif yang ingin Anda ubah menjadi kalimat pasif. Misalnya, dalam kalimat aktif “John menulis surat” subjeknya adalah “John”.
  2. Ganti subjek dengan “by” + subjek kalimat aktif. Dalam contoh di atas, menjadi “by John”
  3. Ganti verb aktif dengan bentuk pasif dari verb tersebut. Dalam contoh ini, menjadi “is written”
  4. Letakkan subjek pasif di depan verb pasif. Dalam contoh ini, menjadi “The letter is written by John”
  5. Jika tidak ada subjek dalam kalimat aktif, gunakan “by + someone” sebagai subjek pasif.

Berikut merupakan contoh kalimat pasif Bahasa inggris :

  • The letter is written by John
  • The cake is made by my mother
  • The car is driven by my father
  • The book is read by many people

Perlu diingat, kalimat pasif dalam bahasa Inggris lebih jarang digunakan daripada kalimat aktif. Namun, kalimat pasif dapat digunakan untuk memberikan perhatian pada tindakan yang dilakukan, bukan pada pelaku tindakan.

Modal Verb “To Be” + Past Participle

Selain menggunakan bentuk “to be” dan past participle dalam cara membuat kalimat pasif bahasa inggris, kalimat pasif juga dapat dibuat dengan menggunakan modal verb “to be” + past participle. Contoh:

  • The letter must be written by John
  • The cake should be made by my mother
  • The car could be driven by my father
  • The book might be read by many people

Kalimat Aktif Yang Tidak Bisa Diubah Menjadi Kalimat Pasif

Selain itu, perlu diingat bahwa tidak semua kalimat aktif dapat diubah menjadi kalimat pasif. Beberapa kalimat yang tidak memiliki objek atau yang menggunakan verb intransitif tidak dapat diubah menjadi kalimat pasif. Contoh:

  • John runs (tidak dapat diubah menjadi kalimat pasif karena tidak memiliki objek)
  • It’s raining (tidak dapat diubah menjadi kalimat pasif karena menggunakan verb intransitif)

Dalam penulisan kalimat pasif, kita harus mengetahui juga kata kerja yang digunakan. Ada beberapa kata kerja yang tidak dapat digunakan dalam kalimat pasif. Contohnya :

  • intransitive verb : arrive, come, die, go, happen, occur, sleep,
  • be verb : am, are, is, was, were, being, been

Jadi, itu adalah beberapa cara untuk membuat kalimat pasif dalam bahasa Inggris. Ingatlah untuk selalu memperhatikan subjek, verb, dan objek dalam kalimat aktif sebelum mencoba untuk mengubahnya menjadi kalimat pasif.

Menghilangkan Subjek Pada Kalimat Pasif

Hal lain yang wajib anda ketahui dalam pembahasan cara membuat kalimat pasif bahasa inggris adalah terkait penghilangan subjek. Dalam kalimat pasif, subjek kalimat dapat dihilangkan jika tidak penting atau tidak diketahui. Contoh:

  • The cake was made (tidak menyebutkan siapa yang membuat kue tersebut)
  • The letter was sent (tidak menyebutkan siapa yang mengirim surat tersebut)

Selain itu, kalimat pasif juga dapat digunakan untuk menghindari menyebutkan pelaku tindakan, misalnya dalam situasi yang tidak pasti atau konflik. Contohnya:

  • The money was stolen (menghindari menyebutkan siapa yang mencuri uang tersebut)
  • The mistake was made (menghindari menyebutkan siapa yang menyebabkan kesalahan tersebut)

Secara keseluruhan, kalimat pasif dalam bahasa Inggris dapat digunakan untuk memberikan perhatian pada tindakan yang dilakukan, menghindari menyebutkan pelaku tindakan, atau dalam situasi yang tidak pasti atau konflik.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan kalimat pasif yang berlebihan dapat menyulitkan pembaca dalam memahami maksud dari teks.

Baca Juga >>>  25 Contoh Kalimat Bahasa Bugis Dan Artinya  <<<

Penutup

Demikian artikel tipshidup tentang cara membuat kalimat pasif bahasa inggris beserta berbagai informasi terkait lainnya. Semoga dapat membantu mengatasi permasalahan hidup anda terutama terkait kalimat pasif. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *