2 Cara Mencuci Kemeja Flanel Beserta Tips & Trik

Cara Mencuci Kemeja Flanel

Cara mencuci kemeja flanel ternyata membutuhkan teknis khusus agar material flannel yang digunakankan pada pakaian anda tidak menyusut.

Permasalahan lain pada kain flannel adalah mudah berbulu, anda juga harus memahami cara merawat kain flanel anda agar tidak berbulu.

Apa Itu Kain Flannel?

Sebelum kita membahas mengenai cara mencuci kain flanel, mari kita simak terlebih dahulu seluk beluk dari kain flanel tersebut.

Pada dasarnya, “flanel” hanya mengacu pada kapas, wol, atau kain sintetis yang memenuhi beberapa kriteria dasar sebagai berikut :

  1. Kelembutan: Kain harus sangat lembut untuk dianggap flanel.
  2. Tekstur: Flanel memiliki tekstur yang disikat atau tidak disikat, dan kedua tekstur itu sama-sama ikonik.
  3. Bahan: Meskipun banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat kain flanel, tidak semua bahan cocok untuk kain ini. Sutra, misalnya, terlalu halus untuk dibuat menjadi kain flanel yang seharusnya lembut.

Bagaimana Sejarah Kain Flanel?

Kain flanel sering dikenal atas kaitannya dengan kota atau wilayah. Flanel Llanidloes sangat berbeda dari flanel Newtown, begitu juga  flanel Welsh yang berbeda dari semua jenis flanel Eropa lainnya.

Karena motif kotak-kotak mengalami kebangkitan popularitas pada 1990-an, flanel juga menjadi permintaan yang lebih tinggi.

Selama bertahun-tahun, definisi “flanel” telah berubah dari makna aslinya. Saat ini, kain yang dibuat dengan serat buatan dianggap sama dengan pakaian flanel tradisional Welsh yang telah diturunkan dari generasi ke generasi.

Bagaimana Kain Flanel Digunakan?

Kain flanel biasa digunakan untuk membuat berbagai jenis pakaian dan peralatan, berikut detailnya :

  1. Pakaian : flanel kotak-kotak adalah ikon gaya hidup di luar ruangan. Selain kemeja, flanel sering digunakan dalam sweater, kardigan, dan pakaian pelapis cuaca dingin lainnya.
  2. Aksesoris : Flanel kadang-kadang digunakan dalam tas, dompet, dan ikat pinggang, seringkali dengan pola warna kotak-kotak.
  3. Peralatan rumah tangga : Karena hubungannya dengan motif kotak-kotak, banyak item dekorasi dan peralatan rumah tangga lainnya memiliki fitur tidur dari kain flanel.

Bagaimana Cara Mencuci Kemeja Flanel?

Salah satu penggunaan kain flanel yang paling popular adalah untuk membuat kemeja. Kemeja flanel telah menjadi salah satu jenis pakaian yang wajib anda miliki. Namun bagaimana dengan cara mencucinya?.

Cara mencuci kemeja flanel dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu menggunakan mesin cuci atau dapat juga mencuci langsung dengan menggunakan tangan.

Cara mencuci kemeja flanel dan kain flanel lainnya menggunakan mesin cuci

  1. Siapkan detergen ringan, air hangat, dan juga pelembut pakaian.
  2. Isi mesin cuci dengan air hangat. JANGAN mencuci kain flanel dengan air panas.
  3. Tambahkan deterjen ringan dalam jumlah yang sesuai.

Deterjen biasa dapat digunakan, tetapi dapat menyebabkan kain flanel memudar seiring waktu. Deterjen keras atau yang mengandung aditif pemutih atau alternatif harus dihindari.

  1. Cuci kain flanel dengan mesin pres permanen atau putaran lembut.

Hal ini tergantung seperti apa flanel yang anda cuci. Yang terbaik adalah menjaga suhu air tetap konsisten, pencucian hangat dan pembilasan hangat.

  1. Tambahkan pelembut kain ke siklus bilas.

Anda bisa menggunakan 1 cangkir cuka putih sebagai pelembut kain alami. Hal ini penting untuk mengurangi jumlah serat pada kain flanel. Jika Anda tidak menggunakan pelembut kain di mesin cuci Anda, lembar pengering dapat ditambahkan ke siklus pengeringan.

  1. Flanel dapat digantung hingga kering atau dikeringkan dengan mesin.

Jika mesin mengering, segera lepaskan setelah potongannya kering. Jangan mengeringkan barang secara berlebihan karena dapat melemahkan kain. Pengeringan pada suhu rendah atau tanpa panas membantu menjaga kain dalam kondisi baik untuk waktu yang lebih lama dan mencegah penyusutan dan penumpahan.

Cara mencuci kemeja flanel dan kain flanel lainnya menggunakan tangan

  1. Siapkan detergen ringan, air hangat, dan juga pelembut pakaian.
  2. Tuangkan detergen ke dalam ember berisi air
  3. Putar-putar dan aduk hingga berbusa
  4. Rendam kemeja flanel atau kain flanel
  5. Tunggu 3 menit, kemudian kucek-kucek ringan dan jangan gunakan sikat
  6. Bilas 2-3 kali sesuai kebutuhan jangan lupa pada bilasan terakhir gunakan pelembut pakaian
  7. Tunggu 3 menit, kemudian peras dan keringkan

Tips Dalam Cara Mencuci Kemeja Flanel Atau Bahan Flanel Lain?

  1. Periksa label sebelum mencuci barang flanel apa pun. Jika terbuat dari wol flanel, maka akan membutuhkan pembersihan khusus, biasanya dilakukan oleh pembersih profesional.
  2. Flanel terkenal menyusut dan dalam beberapa kasus, seperti dengan seprai, sering dibuat sedikit lebih besar dari yang dibutuhkan untuk memungkinkan penyusutan ini terjadi. Saat anda membeli kemeja flanel, pertimbangkan untuk menaikkan 1 ukuran lebih besar untuk mengatasi hal ini.
  3. Flanel memiliki kecenderungan untuk luruh dan harus dicuci dengan warna yang sama. Jika kerontokan menjadi masalah, coba tambahkan setengah cangkir cuka ke dalam siklus pencucian.
  4. Jika kain flanel kehilangan kelembutannya, bisa jadi karena bahan pelembut yang menumpuk. Cobalah mencuci tanpa menambahkan pelembut kain ke dalam air dan mengeringkan tanpa lembaran pengering. Selain itu, menjalankan siklus bilas ekstra akan menghilangkan residu yang dapat menyebabkan kain terasa kaku.
  5. Meskipun kain flanel dikenal lembut, ada beberapa jenis flanel yang berbeda dari kain flanel biasanya. Pilih bahan flanel dengan hati-hati karena beberapa, kain flanel memiliki kualitas yang lebih rendah dan tidak memiliki kelembutan yang sama dengan kualitas flanel yang biasanya.
  6. Kain flanel akan menimbulkan serat di pengering, pastikan untuk membersihkan daerah-daerah yang berisi serat setelah setiap pencucian ataupun pengeringan.
  7. Kain flanel terbaik pun akan aus seiring waktu dan menjadi tipis serta kehilangan kelembutannya. Nikmati dan rawat selagi masih ada, tetapi bersiaplah untuk mengganti flanel anda yang telah lama anda miliki.

Baca Juga >>>  5 Langkah Cara Menggunakan Setrikaan Yang Tepat <<<

Penutup

Demikian artikel tipshidup tentang Cara mencuci kemeja flanel, semoga dapat membantu permasalahan rumah tangga anda. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Your email address will not be published.