6 Cara Mengecek Rekening BNI Masih Aktif Atau Tidak

Cara Mengecek Rekening BNI Masih Aktif Atau Tidak

Cara mengecek rekening BNI masih aktif atau tidak memang sangat dibutuhkan terutama bagi anda yang memiliki banyak rekening BNI dan salah satunya diantaranya jarang sekali digunakan.

Kartu yang jarang digunakan tersebut terkadang menjadi tidak aktif, dan anda harus melakuan berbagai prosedur untuk dapat mengaktifkan kartu kembali agar dapat menikmati layanan perbankan dari BNI.

Apa Penyebab Nomor Rekening Menjadi Tidak Aktif?

Sebelum membahas mengenai cara mengece rekening BNI masih aktif atau tidak kita perlu mengetahui kebijakan bank-bank di Indonesia terhadap rekening dormant.

Seluruh bank di Indonesia telah sama-sama menerapkan kebijakan bagi rekening yang tidak melakukan aktifitas keuangan apapun selama 6 bulan berturut-turun  akan dinonaktifkan.

Namun penonaktifan tersebut tidak semata-mata dilakukan tanpa persyaratan apapun. Penonaktifan dapat dilakukan dengan catatan bahwa saldo rekening tersebut dibawah ketentuan yang telah ditetapkan atau nol.

Rekening bersaldo nol dan tidak melakuan aktifitas apapun selama 6 bulan berturut-turut diatas disebut dengan rekening dormant.

Bagaimana Cara Mengecek Rekening BNI Masih Aktif Atau Tidak?

Setelah mengatahui penyebab nomor rekening menjadi tidak aktif, maka selanjutnya berikut adalah cara mengecek rekening BNI masih aktif atau tidak :

  1. Melalui mobile banking BNI

Cara mengecek kartu ATM BNI masih aktif atau tidak ini tergolong mudah, anda cukup menginstal mobile banking BNI dan melakukan proses di laman awal yaitu pada proses memasukan nomor kartu. Pada proses ini jika anda masih diperbolehkan untuk melanjutkan Langkah berikutnya, maka dapat disimpulkan bahwa rekening anda masih aktif.

  1. Melalui internet banking BNI

Cara mengecek melalui internet banking dapat dilakukan jika anda masih mengingat UserID dan password internet banking anda. Jika anda ingat dan berhasil melakukan login, maka dapat disimpulkan bahwa rekening anda masih aktif.

  1. Melalui mesin ATM BNI terdekat

Masukan kart uke dalam mesin ATM BNI, jika tidak terjadi penolakan dan transaksi dapat berjalan seperti biasanya, maka dapat disimpulkan bahwa rekening anda masih aktif.

  1. Lakukan transfer uang ke rekening BNI anda

Cara yang satu ini memerlukan satu effort lebih dengan cara mentransfer sejumlah uang dari rekening yang lain ke rekening BNI anda. Jika saat anda menginput nomor rekening tujuan masih dapat diterima. Maka dapat disimpulkan rekening anda masih aktif.

  1. Menghubungi call center BNI 1500046

Selain memastikan pulsa mencukupi, anda akan dimintai informasi identitas anda, Nomor Kartu ATM BNI dan Nomor Rekening BNI untuk pengecekan langsung oleh Customer Service BNI untuk memastikan  kartu anda masih aktif atau tidak.

  1. Mendatangi kantor cabang BNI terdekat

Cara mengecek rekening BNI masih aktif atau tidak yang terakhir adalah dengan mendatangi kantor cabang BNI terdekat. Informasi terkait kartu termasuk cara mengecek buku tabungan BNI masih aktif atau tidak dan juga cara mengecek atm BNI masih aktif atau tidak dapat langsung anda tanyakan ke CS.

Bagaimana Cara Mengaktifkan ATM BNI Yang Sudah Tidak Aktif?

Jika setelah melakukan berbagai Cara mengecek rekening BNI masih aktif atau tidak diatas ditemukan bahwa kartu anda telah dormant, maka yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan kartu ATM, buku tabungan & KTP
  2. Datangi kantor cabang BNI terdekat
  3. Mengambil nomor antrian CS
  4. Tunggu sampai nomor antrian anda dipanggil
  5. Setelah dipanggil anda dapat langsung menginformasikan maksud dan tujuan anda
  6. CS akan meminta informasi identitas, kartu ATM, buku tabungan & KTP anda
  7. Tunggu sampai proses oleh CS selesai dilakukan
  8. Anda akan diminta menyetor saldo minimum ke dalam rekening BNI anda
  9. Berhasil anda telah mengetahui cara mengaktifkan Kembali rekening BNI yang dormant

Langkah mengaktifkan Kembali rekening hanya dapat dilakukan di cabang BNI terdekat. Sementara itu  cara mengaktifkan kembali rekening BNI secara online sampai saat ini belum dapat dilakukan.

Apakah Rekening BNI Tidak Aktif Bisa Menerima Transfer?

Rekening BNI yang telah tidak aktif tidak akan bisa melakuan transaksi finansial apapun termasuk diantaranya menemerima transfer. Sebaliknya semua dana transfer masuk ke rekening yang telah tidak aktif tersebut akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem.

Bagaimana Agar Agar Kartu ATM BNI Tetap Aktif?

Seperti yang telah kita ketahui bahwa masa aktif atm bni jika saldo kosong adalah 6 bulan, maka untuk menjaga agar kartu ATM BNI anda tetap aktif maka disarankan melakukan berbagai Langkah berikut ini :

  1. Melakukan pengecekan Saldo rekening Secara Berkala
  2. Melakukan minimal satu kali transaksi finansial setiap 6 bulan, baik itu transfer, menerima transfer maupun jenis transaksi financial lain.
  3. Gunakan kartu ATM BNI anda untuk metode pembayaran di merchant-merchant kerjasama
  4. Selalu bawa kartu ATM BNI anda kemanapun anda pergi sebagai pertolongan pertama saat kekurangan dana
  5. Usahakan mengisi saldo melebihi batas minimal. Saldo minimal rekening BNI tergantung dari jensi tabungan yang anda gunakan.
  6. Usahakan tidak mengosongkan saldo rekening anda.

Baca Juga >>> 4 Jenis Biaya Remittance BCA Update, No Bingung! <<<

Penutup

Demikian artikel tipshidup tentang cara mengecek rekening BNI masih aktif atau tidak, cara mengaktifkannya Kembali dan tips-tips lainnya. Semoga dapat membantu permasalahan hidup anda terutama masalah keuangan. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.