5 Langkah Cara Menggunakan Setrikaan Yang Tepat

Cara Menggunakan Setrikaan

Cara menggunakan setrikaan secara tepat dapat dapat menghemat waktu dan tenaga serta menghasilkan hasil setrikaan yang lebih rapi secara maksimal.

Dengan mengetahui cara menggunakan setrikaan yang tepat anda akan lebih berhati-hati dalam merawat pakaian anda sesuai dengan tingkatan panas yang dibutuhkan dalam proses setrikaan.

Apa Saja Jenis Setrika?

Sebelum kita membahas mengenai cara menggunakan setrikaan yang benar, mari kita simak terlebih dahulu jenis-jenis setrikaan yang digunakan di seluruh dunia.

Ada 5 jenis setrikaan yang sering dipakai oleh ibu-ibu di Indonesia dan berbagai belahan dunia lainya. Diantara jenis setrikaan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Setrika biasa : atau juga dikenal sebagai dry iron ini tidak memiliki fitur tambahan. Setrika ini biasanya terbuat dari pelat logam yang disertai tombol penyesuaian suhu. Setrika jenis ini adalah pilihan yang tepat bagi anda yang mencari setrika yang murah. Setrika ini biasanya tidak bisa mati secara otomatis, jadi pastikan Anda mematikannya setelah selesai.
  2. Setrika uap : Setrika ini dilengkapi dengan tangki kecil yang menampung air untuk uap. Riliskan uap, kemudian gosokan setrika ke kain, pakaian akan lembut dan rapi seketika. Kelebihan lainnya, setrika uap memiliki fitur seperti kabel yang dapat ditarik dan pemutus otomatis.
  3. Setrika Uap Vertikal : adalah setrikaan versi yang lebih modern dari setrika uap tradisional. setrika vertikal memungkinkan anda untuk menyetrika secara vertical tanpa perlu menekan. Anda hanya perlu mengarahkan uap ke area yang berkerut tanpa menyentuh kain.
  4. Setrika Traveling : Setrika perjalanan biasanya dapat dilipat dengan material besi yang cukup ringan sehingga membuatnya lebih ringkas. Jenis lain bahkan tersedia setrika traveling yang nirkabel.
  5. Setrika Pakaian Mewah : Setrika bintang lima ini hadir dengan banyak fitur tambahan, seperti penyesuaian suhu tanpa batas, fitur uap canggih, kabel yang dapat ditarik, dan pemutus otomatis yang sangat penting. Setrika terbaik ini biasanya dilengkapi dengan lebih banyak lubang uap dan memiliki tangki air yang lebih mudah untuk diisi.

Bagaimana Cara Menggunakan Setrikaan Yang Benar?

Berikut merupakan Langkah kunci dalam cara menggunakan setrikaan yang benar :

  1. Pastikan setrika Anda bersih.
  2. Periksa label perawatan untuk memastikan pakaian Anda aman dari setrika.
  3. Setrika item yang membutuhkan pengaturan terendah terlebih dahulu.
  4. Selalu menghaluskan kerutan sehingga Anda tidak menyetrikanya di tempatnya.
  5. Jangan lupa untuk menyetrika kedua sisinya.

Memastikan Setrika Bersih

Hal ini sangat penting terutama jika Anda berencana menggunakan setrika uap, karena Anda tidak ingin meninggalkan bekas atau noda di pakaian anda dikarenakan setrika yang anda gunakan dalam keadaan kotor.

Selalu periksa label perawatan.

Langkah pertama dalam memahami cara menyetrika linen, pakaian, dan lainnya adalah memastikan bahwa barang tersebut dapat disetrika.

  • Periksa simbol setrika pada material label perawatan
  • Jika Anda tidak dapat melihat simbolnya, maka baca manual produk dari setrika Anda dan periksa pengaturan mana yang sesuai. Misalnya, pengaturan rendah cocok untuk asetat atau rayon; pengaturan sedang cocok untuk poliester; dan setelan tinggi cocok untuk kapas.

Siapkan Area Untuk Menyetrika Pakaian Anda

Tempat terbaik untuk menyetrika adalah menggunakan papan setrika, hal ini dikarenakan papan setrika dirancang untuk menyerap panas dan kelembapan. Jangan pernah menyetrika pada permukaan yang mudah terbakar.

Isi setrika Anda dengan air

Langkah ini terutama diperlukan untuk jenis setrika uap. Cara penggunaan setrikaan jenis uap ini special karena :

  • Biasanya setrika Anda memiliki penampung air dengan titik masuk di dekat tepi atas setrika.
  • Cara menggunakan setrikaan uap dengan hasil terbaik, maka gunakan air yang disaring. Ini akan membantu Anda menghindari penumpukan kalsium dan semburan uap yang tersumbat.

Mulai Nyalakan Setrika Anda

Panaskan setrika dengan memutar tombol “on” atau sesuai jenis setrika anda dan buat ke setelan yang diperlukan untuk pakaian yang akan Anda setrika.

Mulailah Dengan Item Yang Membutuhkan Pengaturan Panas Rendah

Jika pakaian dengan material yang membutuhkan suhu rendah dalam menyetrika telah selesai, setelah itu baru diikuti oleh suhu sedang dan kemudian diakhiri dengan bahan-bahan yang butuh suhu tinggi.

Gunakan Tips Menyetrika Pakaian Ini Untuk Menyetrika Pakaian Anda Dengan Benar.

  • Letakkan pakaian Anda sehingga tidak kusut, benar-benar rata di atas papan setrika.
  • Jalankan setrika Anda dengan kuat dan perlahan melintasi kain, memastikan Anda menghaluskan kerutan.
  • Jangan lupakan setiap bagian dari pakaian atau linen itu perlu disetrika secara individual. Misalnya, untuk menyetrika baju, berikut adalah tipsnya :
  • Ratakan kerahnya terlebih dahulu
  • Setrika bagian tebalnya
  • Lanjutkan ke menyetrika lengan baju.
  • Langkah keempat adalah menyetrika bahu
  • Terakhir, setrika di bagian depan dan belakang badan utama kemeja.
  • Jangan biarkan setrika Anda berhenti di satu titik pada kain yang sedang Anda setrika. Hal ini dapat menyebabkan luka bakar atau bahkan menyebabkan kebakaran.
  • Pastikan Anda menyetrika kedua sisi pakaian yaitu bagian dalam dan juga luar.

Gantung Baju Yang Telah Anda Setrika

Gunakan gantungan baju untuk segera menggantung pakaian yang telah Anda setrika. Menggantung baju yang telah anda setrika akan menjaga kerapihan yang dihasilkan dari setrika baju anda.

Tips Menghemat Listrik Ketika Menyetrika

  1. Cobalah menyetrika saat kain masih lembap karena akan lebih cepat menghilangkan kusut.
  2. Mulai dengan pakaian yang perlu disetrika pada suhu yang lebih rendah karena ini akan memakan waktu lebih sedikit untuk memanas.
  3. Matikan setrika sebelum menyetrika beberapa pakaian terakhir dan menggunakan sisa panas.
  4. Ada beberapa bahan yang tidak perlu disetrika diantaranya : wol, kasmir, katun atau rajutan sintetis, poliester, denim, dan rayon.

Apa saja Rekomendasi Setrika terbaik ?

  1. Setrika Uap Panasonic : selain tanpa kabel, setrika ini memiliki design futuristic dan sangat nyaman digunakan, jika anda berminat , setrika uap dari Panasonic ini dijual dengan kisaran harga Rp 1.253.000,-
  2. Super Steamer Laviola dari Brand Bolde : setrika uap dari bolde ini mengklaim bahwa produknya sudah siap digunakan hanya dalam waktu 20 menit. Setrika in I dijual dengan harga Rp 378.000.
  3. Setrika Steam iron dari Bosch : setrika uap canggih ini memiliki fitur self cleaning untuk tangka air nya sehingga menghasilkan tangka yang bersih tanpa kerak. Setrika ini dijual dengan harga kisaran Rp 837.500
  4. Setrika Miyako : setrika ini dilengkapi dengan rubber compound untuk kabel yang diklaim dapat lebih awet dan fleksibel. Setrika ini dijual dengan harga Rp 114.800
  5. Setrika electric iron dari kirin : setrika ini mengklaim sebagai setrika pertama di Indonesia dengan soleplate diamond shape. Setrika ini dijual dengan harga Rp 159.800.
  6. Setrika steam & Go dari Philips : setrika Philips yang satu ini travel friendly yang siap digunakan dimana saja. Setrika ini dijual di kisaran harga Rp 1.100.000

Baca Juga >>> 3 Cara Menyalakan Blender Philips Tiap Seri <<<

Penutup

Demikian artikel tipshidup tentang Cara menggunakan setrikaan secara tepat. Semoga dapat membantu mengatasi permasalahan anda. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published.