9 Cara Menghilangkan Ganti Kulit

Cara Menghilangkan Ganti Kulit

Cara menghilangkan ganti kulit yang sering timbul di wajah, telapak tangan atau kaki merupakan tips yang cukup penting untuk dipelajari. Ganti kulit terkadang terjadi tanpa diketahui penyebabnya. Ganti kulit juga cukup mengganggu jika terjadi terutama di area wajah yang membuat sulit untuk memaksimalkan penggunaan skincare dan make up sehari-hari.

Ganti kulit adalah kulit yang mengelupas yang terjadi karena kerusakan yang tidak disengaja dan hilangnya lapisan atas kulit (epidermis). Kulit terkelupas dapat terjadi karena kerusakan langsung pada kulit, seperti akibat terbakar sinar matahari atau infeksi dan bisa menjadi tanda gangguan sistem kekebalan atau penyakit lainnya.

Kulit kita secara teratur terpapar elemen lingkungan yang dapat mengiritasi dan merusaknya. Termasuk diantaranya matahari, angin, panas, kekeringan dan kelembaban yang berlebihan. Iritasi berulang dapat menyebabkan pengelupasan kulit.

Berikut merupakan kondisi yang dapat menyebabkan ganti kulit :

  1. Reaksi alergi
  2. Infeksi, termasuk beberapa jenis infeksi staph dan jamur
  3. Gangguan sistem kekebalan tubuh
  4. Kanker dan pengobatan kanker
  5. Penyakit genetik, termasuk kelainan kulit langka yang disebut acral peeling skin syndrome yang menyebabkan pengelupasan lapisan atas kulit tanpa rasa sakit

Lalu bagaimana cara menghilangkan ganti kulit?. Ganti kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan bukan disebabkan oleh penyakit dapat diatasi dengan :

  1. Gunakan kompres dingin atau mandi air dingin

Kompres dingin atau mandi air dingin tidak serta merta menghentikan pengelupasan. Namun, jika ganti kulit akibat sengatan matahari, kulit akan terasa sangat hangat, bengkak, dan tidak nyaman, suhu dingin dapat memberikan kelegaan sementara. Anda dapat membuat kompres dingin di rumah dengan menambahkan es batu ke dalam kantong plastik. Jangan pernah mengoleskan es batu langsung ke kulit yang terbakar sinar matahari karena dingin yang parah dapat merusak kulit lebih jauh dan berpotensi memperburuk pengelupasan dan menunda proses penyembuhan.

  1. Oleskan lidah buaya atau pelembab

Menggunakan pelembab yang tepat dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi pengelupasan. Ahli Kesehatan merekomendasikan penggunaan produk yang mengandung gel lidah buaya, karena lidah buaya dapat membantu melembabkan kulit dan memiliki senyawa anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan mempercepat penyembuhan. Saat memilih pelembap, pastikan untuk menghindari krim berbahan dasar minyak bumi atau minyak, karena dapat memerangkap panas yang keluar dari kulit dan membuat kulit semakin teriritasi.

  1. Gunakan MediHoney

MediHoney adalah madu medis yang dapat dibeli tanpa resep di apotek setempat. Kandungan gula yang tinggi pada madu menjadikannya agen antibakteri yang efektif, yang dapat mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan. Namun, madu yang dibeli di toko mungkin mengandung berbagai jenis bakteri yang berpotensi menyebabkan infeksi. MediHoney tergolong steril dan merupakan pilihan yang cukup aman.

  1. Minum obat pereda nyeriGunakan pereda nyeri yang dijual bebas (OTC) seperti ibuprofen (Advil) atau aspirin (Bayer). Obat-obatan ini bekerja untuk mengurangi peradangan dan kemerahan di sekitar kulit terbakar. Mereka juga dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan sengatan matahari.
  2. Minum obat anti inflamasi

Obat antiinflamasi nonsteroid seperti aspirin atau ibuprofen dapat membantu menenangkan kulit dan meredakan beberapa rasa sakit akibat terbakar sinar matahari

  1. Mandi air dingin atau mandi oatmeal

Mandi air dapat membantu meringankan rasa sakit akibat sengatan matahari dan mencegah kulit mengelupas lebih jauh, sementara Oatmeal koloid memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan. Ini juga membantu kulit terperangkap dalam kelembapan yang membantu proses penyembuhan.

  1. Bersikaplah lembut dengan kulit.

Hindari menggosok kulit dengan handuk setelah mandi. Ini bisa membuat pengelupasan menjadi lebih buruk. Sebaliknya, keringkan kulit Anda dengan handuk.

  1. Rutin meminum air putih.

Pastikan agar menjaga kulit terhidrasi dengan meminum minimal 8 gelas air putih sehari.

  1. Selalu tetap melindungi kulit.

Lindungi kulit yang terkelupas dari kerusakan lebih lanjut dengan menutupinya dengan pakaian atau tabir surya dengan SPF 50 atau lebih tinggi.

Cara Menghilangkan Ganti Kulit Di Wajah

Setelah mengetahui secara umum tentang Cara menghilangkan ganti kulit, selanjutnya tipshidup akan memaparkan cara menghilangkan ganti kulit di wajah :

  1. Gunakan pembersih dan sabun yang bebas pewangi dan ringan.
  2. Hindari produk yang dapat membuat kulit lebih kering. Sebaiknya menghindari sabun antibakteri, sabun deodoran, dan produk perawatan kulit yang mengandung alkohol.
  3. Setelah mencuci muka, oleskan pelembab. Mencuci wajah dapat menambah kelembapan pada kulit kering, tetapi Anda memerlukan pelembab untuk mengunci efeknya pada kulit.
  4. Gunakan handuk lembut saat menyentuh wajah. Handuk yang lebih kasar dapat merusak kulit.
  5. Dermatologis menyarankan mandi lebih pendek dan mencoba menggunakan air hangat suam-suam kuku daripada menggunakan air panas. Uap dari mandi dapat membuka pori-pori dan juga dapat mengeringkan kulit.
  6. Selalu tepuk-tepuk kulit wajah hingga kering alih-alih menggosok wajah. Ini akan membantu menjaga kehalusan kulit.
  7. Lakukan eksfoliasi wajah untuk menghilangkan kulit yang mengelupas, namun lakukan dengan cara yang benar. Jika kulit Anda mengelupas, hindari menggunakan pembersih yang mengandung asam alfa hidroksi, alkohol, atau parfum. Coba gunakan air hangat dan waslap lembut atau sarung tangan mandi untuk menggosok kulit wajah dengan lembut dan mengendurkan kulit yang mengelupas. Jangan pernah mengupas kulit terutama saat basah.
  8. Menerapkan agen anti-inflamasi topikal, seperti lidah buaya, dapat membantu kulit cepat sembuh.

Cara Menghilangkan Ganti Kulit Telapak Tangan

Selanjutnya dalam artikel Cara menghilangkan ganti kulit adalah cara menghilangkan ganti kulit telapak tangan :

  1. Jangan menggosok tangan dengan handuk untuk mengeringkannya. Disarankan untuk tidak menyekanya hingga benar-benar kering. Anda dapat mengeringkan tangan dengan lembut menggunakan handuk kain yang lembut.
  2. Gunakan susu untuk melembabkan tangan. Susu akan membuat kulit lembut dan melindunginya dari pengelupasan lebih lanjut. Ambil semangkuk susu hangat, tambahkan madu dan celupkan tangan Anda ke dalamnya.
  3. Minum lebih banyak air. Minum air membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih bersih karena meningkatkan sirkulasi darah dan membuang racun. Itu juga membuat kulit Anda terhidrasi, yang membantu dalam mengatasi pengelupasan kulit.
  4. Gunakan irisan mentimun untuk membantu menghidrasi kulit. Oleskan potongan mentimun pada kulit yang rusak untuk mengurangi kemerahan dan iritasi.
  5. Gunakan air hangat untuk mencuci tangan. Anda juga bisa merendam tangan dalam semangkuk air hangat untuk menenangkan kulit Anda dan melembabkannya.

Cara Menghilangkan Ganti Kulit Di Kaki

Pembahasan terakhir dalam artikel cara menghilangkan ganti kulit adalah cara menghilangkan ganti kulit di kaki, yaitu sebagai berikut :

  1. Sering menggunakan pelembab terutama setelah mandi saat kaki masih cukup lembab. Cari pelembab yang bebas pewangi dan pewarna
  2. Mengoleskan krim hidrokortison OTC ke kulit kaki yang ganti kulit
  3. Meningkatkan kelembaban di udara dengan pelembab udara
  4. Menggunakan sabun ringan yang tidak akan mengiritasi kulit
  5. Mandi di air yang suam-suam kuku.

Baca Juga >>> 8 Gerakan Mencuci Muka Yang Benar  <<<

Penutup

Itu tadi artikel tips hidup tentang Cara menghilangkan ganti kulit, Cara menghilangkan ganti kulit di wajah, Cara menghilangkan ganti kulit telapak tangan dan Cara menghilangkan ganti kulit di kaki. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Your email address will not be published.