4 Panduan Cara Pakai Soflen Untuk Pemula

Cara Pakai Soflen Untuk Pemula

Cara pakai soflen untuk pemula mungkin dianggap oleh beberapa dari anda adalah hal yang cukup menyulitkan, apalagi jika sehari-hari anda terbiasa menggunakan kacamata yang sangat mudah untuk dilepas pakai.

Pada kesempatan kali ini tipshidup akan membahas tema tentang cara pakai soflen untuk pemula dan berbagai informasi terkait lainnya.

Apa Itu Soflen?

Sebelum membahas tentang cara pakai soflen untuk pemula, mari kita simak terlebih dahulu tentang apa itu soflen dan bagaimana sejarah singkatnya.

Soflen, contact lens atau lensa kontak adalah cakram plastik tipis dan bening yang dapat digunakan di mata Anda untuk meningkatkan penglihatan.

Cara kerja softlen adalah dengan mengapung di film air mata yang menutupi kornea Anda. Lensa kontak ini berfungsi seperti kacamata dengan memperbaiki masalah penglihatan yang disebabkan oleh kelainan refraksi.

Meskipun konsepnya telah ada sejak masa Leonardo da vinci, lensa kontak pertama diketahui berbahan kaca dan dibuat oleh seorang peniup kaca dari Jerman, yaitu FA Muller pada 1887.

Bagaimana Cara Pakai Soflen Untuk Pemula?

Pengetahuan dasar dalam cara pakai soflen untuk pemula ini terdiri dari 4 bagian yaitu :

  1. Cara Memakai Soflen Untuk Pemula
  2. Cara Melepas Soflen Untuk Pemula
  3. Cara Merawat Soflen Untuk Pemula
  4. Cara Memilih Softlen Untuk Pemula

Cara Memakai Soflen Untuk Pemula

Hal pertama yang harus anda kuasai dalam Cara Pakai Soflen Untuk Pemula adalah cara memasang soflen, berikut penjelasannya :

  1. Cuci tangan anda dengan handwash serta bilas hingga bersih untuk menghindari infeksi mata. Hindari sabun yang mengandung minyak atau wewangian ekstra, karena sabun dapat menempel pada permukaan lensa.
  2. Keringkan tangan Anda dengan tisu atau kain bersih agar partikel tidak melayang di salah satu atau kedua mata Anda.
  3. Berdiri di atas permukaan yang bersih dan rata saat hendak memakai soflen
  4. Selalu pasang soflen pertama di sebelah mata yang sama, baik kanan atau kiri untuk mencegah softlens tercampur.
  5. Ambil salah satu lensa dari kotak penyimpanan, lalu geser dengan hati-hati ke tangan Anda. Gunakan ujung jari Anda, bukan kuku Anda
  6. Bilas lensa dengan larutan softlens. Jika Anda menjatuhkan lensa, bilas ulang dengan larutan terlebih dahulu sebelum mencoba memasukkannya ke mata Anda.
  7. Letakkan lensa kontak di ujung jari telunjuk atau jari tengah tangan yang Anda gunakan untuk menulis
  8. Periksa apakah kondisi lensa telah benar dan tidak terbalik. Jika lensa membentuk mangkuk dan ujungnya menghadap ke atas, maka Anda siap untuk meletakkannya di mata Anda. Jika terlihat sebaliknya, maka balikan lensa terlebih dahulu sebelum memakainya
  9. Pegang kelopak mata bagian atas menggunakan tangan anda yang tidak memegang lensa. Tahan kelopak mata bawah Anda dengan jari tengah atau jari manis tangan Anda yang memegang lensa. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan ibu jari dan jari tangan yang yang tidak memegan lensa untuk membuka lebar kelopak mata atas dan bawah. Sebaiknya lakukan proses ini sambil melihat ke cermin.
  10. Letakkan lensa di mata Anda. Lihatlah ke arah depan atau ke atas langit-langit saat anda melakukan proses ini
  11. Perlahan tutup mata Anda dan putar dalam lingkaran penuh untuk membantu lensa menetap dengan benar. Buka mata Anda dan kedipkan dengan lembut beberapa kali. Lihat di cermin untuk melihat apakah lensa muncul di tengah mata Anda.
  12. Jika lensa dimasukkan dengan benar, mata Anda akan terasa nyaman dan penglihatan Anda akan lebih jernih. Jika Anda merasa tidak nyaman atau penglihatan Anda kabur, Anda harus melepas dan memasang kembali lensa.
  13. Lakukan proses yang sama untuk lensa kedua.

Cara Melepas Soflen Untuk Pemula

Hal selanjutnya yang harus anda kuasai dalam Cara Pakai Soflen Untuk Pemula adalah cara melepas soflen, berikut selengkapnya :

  1. Pastikan tangan anda bersih
  2. Buang sisa larutan softlens yang terdapat di wadah penyimpanan, lalu keringkan dengan udara atau keringkan wadah dengan kain bersih
  3. Berdirilah di depan cermin dan lihat ke atas. Tarik kelopak mata bawah Anda ke bawah dengan jari tengah tangan yang anda gunakan untuk menulis. Ingatlah untuk selalu melepas lensa yang sama terlebih dahulu (mata kanan atau mata kiri) untuk menghindari kebingungan.
  4. Geser lensa kontak dengan hati-hati ke bagian putih mata Anda dengan jari telunjuk tangan yang Anda gunakan untuk menulis.
  5. Jepit lensa dengan lembut diantara jari telunjuk dan ibu jari Anda untuk melepaskan dari mata Anda.
  6. Ulangi proses ini untuk melepaskan lensa dari mata Anda yang lain.
  7. Bersihkan lensa setelah melepasnya. Gunakan hanya larutan pembersih yang direkomendasikan oleh dokter anda
  8. Masukkan kontak ke dalam kotak penyimpanan, rendam dalam larutan, atau buang jika Anda menggunakan lensa sekali pakai

Cara Merawat Soflen Untuk Pemula

Tidak lengkap rasanya jika dalam Cara Pakai Soflen Untuk Pemula anda tidak mengetahui cara merawat soflen, berikut selengkapnya :

  1. Bersihkan kotak penyimpanan softlen Anda dengan air sabun hangat setidaknya sekali seminggu. Bilas hingga bersih dan lap hingga kering menggunakan tisu bersih.
  2. Ganti wadah penyimpanan lensa kontak Anda setidaknya setiap tiga bulan, atau sesuai rekomendasi ahli perawatan mata Anda.
  3. Lepaskan kontak Anda dan jangan pasang kembali jika Anda mengalami kemerahan yang tidak biasa, rasa sakit atau ketidaknyamanan yang terus-menerus, perubahan penglihatan, kepekaan terhadap cahaya, robekan berlebihan, atau keluarnya cairan mata yang aneh. Kunjungi ahli perawatan mata Anda untuk mendiagnosis masalah.
  4. Jangan memakai kontak saat Anda sakit, meskipun hanya pilek. Saat Anda sakit, kuman dapat menyebar dari tangan ke mata saat Anda memasang atau melepas kontak.
  5. Ingatlah untuk berkedip. Berkedip secara teratur membantu menjaga lensa Anda tetap bersih dan lembab.
  6. Buang cairan soflens 1 bulan setelah anda membuka baik itu sudah ataupun belum anda gunakan
  7. Gunakan tetes mata yang direkomendasikan oleh ahli perawatan mata Anda untuk mencegah mata dan soflens anda mengering.
  8. Jaga agar kuku Anda tetap pendek untuk mencegah agar mata Anda tidak tergores atau merusak lensa kontak Anda saat memasang atau melepas lensa.
  9. Pastikan Anda memiliki kacamata cadangan atau lensa kontak terbaru untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu pada softlen yang Anda kenakan.
  10. Jangan memakai softlen saat tidur kecuali perawat profesional mata Anda mengatakan tidak apa-apa.
  11. Hindari berenang atau mandi saat mengenakan lensa kontak kecuali, dalam kasus berenang, Anda mengenakan kacamata. Memakai lensa kontaks saat berada di air dapat menyebabkan infeksi mata.
  12. Jangan pernah membersihkan atau membasahi lensa kontak dengan air liur dari mulut Anda. Hal Ini justru dapat menambahkan kuman.
  13. Jangan gunakan air keran untuk merendam atau membilas lensa Anda. Hal ini dapat menyebabkan infeksi mata.

Cara Memilih Softlen Untuk Pemula

  1. Ketahui jenis-jenis soflens yang dapat anda gunakan sesuai kebutuhan anda
  2. Belilah soflens hanya dari toko-toko online maupun offline resmi
  3. Tentukan jangka waktu pemakaian softlen anda baik secara harian, mingguan atau bulanan
  4. Kemudian anda dapat memilih softlens UV protection atau yang biasa
  5. Pilih kebutuhan atau keinginan soflen anda apakah lensa buram atau lensa berwarna
  6. Pilih ukuran soflens sesuai kebutuhan anda, baik besar, normal ataupun ekcil
  7. Belilah soflens solution atau cairan soflen yang disarankan oleh dokter atau perawat professional anda

Ada beberapa merk softlens yang cukup terkenal secara international sebagai berikut :

  1. Crystal Aqua Daily
  2. Crystal Hydro Daily
  3. Crystal 1 Day
  4. Qualis HA
  5. Focus Dailies All Day Comfort
  6. Biofinity
  7. 1 Day Acuvue Moist
  8. Dailies Aquacomfort Plus
  9. Soflens Daily Disposables
  10. Acuvue Oasys
  11. Freshlook One Day
  12. Proclear One Day
  13. Soflens 59

Kebanyakan orang dapat dengan aman dan nyaman memakai lensa kontak selama 14 hingga 16 jam per hari. Namun anda disarankan untuk melepasnya sesegera mungkin sebelum Anda pergi tidur di malam hari untuk memberi kesempatan mata Anda untuk bernapas tanpa lensa.

Baca Juga >>>  5 Cara Cek No Seri Tas Balenciaga Original <<<

Penutup

Demikian artikel tipshidup tentang cara pakai soflen untuk pemula dan berbagai informasi terkait lainnya. Semoga dapat membantu mengatasi permasalahan hidup anda terutama terkait perawatan mata. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Add a Comment

Your email address will not be published.