5 Ciri Ciri Mobile Banking Di Hack , Waspadalah!

Ciri Ciri Mobile Banking Di Hack

Ciri ciri mobile banking di hack wajib anda ketahui terutama di tengah semakin meningkatnya kemampuan pencuri dalam melakukan kejahatan perbankan di dunia maya.

Pada kesempatan kali ini tipshidup akan membahas topik tentang ciri ciri mobile banking di hack dan juga berbagai informasi terkait di dalamnya.

Apa Itu Mobile Banking?

Sebelum membahas tentang ciri ciri mobile banking di hack, mari kita simak terlebih dahulu pengertian dari mobile banking berikut ini.

Mobile banking adalah layanan yang disediakan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya yang memungkinkan nasabahnya untuk melakukan transaksi keuangan dari jarak jauh dengan bantuan jaringan internet.

Namun dengan semakin praktisnya transaksi keuangan via internet, Kejahatan di dunia internet yang dilakukan oleh hacker-hacker profesional atau biasa disebut cybercrime juga semakin canggih. Termasuk diantaranya kejahatan hacking di mobile banking.

Ciri Ciri M Banking Di Hack

Untuk mengantisipasi kerugian dari kejahatan hacking mobile banking, terlebih dahulu anda harus mengetahui ciri ciri mobile banking di hack. Berikut selengkapnya :

1.      Adanya Aktivitas Keuangan Tidak Wajar

Selalu perhatikan transaksi keuangan yang biasa anda lakukan untuk memudahkan identifikasi transaksi tidak wajar. Transfer tidak wajar meskipun nominalnya kecil dapat menjadi salah satu ciri ciri mobile banking di hack.

2.      Adanya Notifikasi Email Mencurigakan

Jika Anda mendapatkan email yang mengatakan bahwa detail akun Anda telah berubah padahal Anda tidak merasa pernah mengubahnya, ini dapat menjadi salah satu pertanda awal ciri ciri mobile banking di hack.

3.      Anda Menerima Tautan Link Mencurigakan

Selain itu jika ada email atau chat yang menyertakan link-link atau tautan tertentu dan memaksa anda untuk mengklik tautan tersebut, ataupun memaksa anda untuk membalas dengan menggunakan format-format tertentu itu juga dapat menjadi pertanda awal rencana peretasan mobile banking anda.

4.      Anda Tiba-Tiba Menerima Panggilan Palsu

Jika seseorang menelepon dan mengaku dari bank namun menggunakan nomor yang tidak dikenal, sebaiknya jangan mudah percaya sebelum anda menelepon kembali ke nomor telepon resmi bank anda. Telepon palsu yang mengatasnamakan bank dan meminta informasi pribadi anda dapat menjadi ciri ciri mobile banking di hack.

5.      Anda Menerima Pesan Atau Chat Mencurigakan

Jangan pernah percaya pada SMS atau whatsapp yang mengatasnamakan bank atau layanan penyedia pembayaran dan meminta anda membalas dengan format-format tertentu.

Sebaiknya jangan pernah membalas chat atau SMS tersebut sebelum anda melakukan verifikasi atas nomor tersebut terlebih dahulu.

Pengecekan nomor dapat dengan mudah anda lakukan di internet atau menggunakan bantuan aplikasi get contact atau true caller.

Cara Mencegah Hacking Mobile Banking

Setelah mengetahui ciri ciri mobile banking di hack, berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk menghindari adanya hacking mobile banking :

1.      Selalu Gunakan Aplikasi Mobile Banking Resmi

Beberapa hacker telah membuat aplikasi bank seluler palsu untuk membuat Anda memasukkan kata sandi dan detail pribadi lainnya.

Selalu baca ulasan aplikasi pada playstore atau Appstore dan pastikan Anda menggunakan aplikasi resmi bank Anda sebelum mengunduhnya atau bahkan melakukan login.

Anda juga dapat mencoba mengunjungi situs web bank Anda dan mengeklik tautan ke halaman unduh untuk mengunduh aplikasi mobile banking resmi bank anda.

2.      Jangan Gunakan Aplikasi Mobile Banking Di Wi-Fi Publik

Wi-Fi publik memudahkan peretas untuk mengakses ponsel Anda dan melihat apa yang Anda lakukan karena data history akan mudah tersimpan.

Selalu gunakan data seluler jika Anda perlu mengakses akun keuangan Anda di depan umum, atau lebih baik lagi, tunggu hingga Anda menggunakan jaringan Wi-Fi pribadi untuk masuk ke rekening bank Anda.

3.      Selalu Update Sistem Operasi Atau Aplikasi Mobile Banking Anda

Melakukan update memang cukup merepotkan dan dapat membuat Anda tidak dapat mengakses ponsel atau aplikasi untuk sementara waktu.

Namun pembaruan ini adalah langkah keamanan penting yang dapat memperbaiki kelemahan dalam aplikasi yang bisa saja dapat diakses oleh peretas dengan lebih mudah.

Perangkat lunak yang ketinggalan zaman juga lebih mudah diretas secara umum. Setiap kali ponsel Anda memberi tahu Anda tentang pembaruan, instal sesegera mungkin, terutama untuk aplikasi mobile banking Anda.

4.      Jangan Menyimpan Kata Sandi Dan PIN Di Ponsel Anda

Kebanyakan dari anda mungkin akan menyimpan akta sandia tau PIN rekening bank anda di sticky notes untuk menghindari kelupaan, namun hal ini justru berbahaya.

Jika Anda kehilangan ponsel anda, hacker dapat dengan mudah mendapatkan akses ke akun keuangan Anda, dan Anda mungkin tidak akan menyadarinya sampai uang Anda habis.

Cobalah untuk mengingat kata sandi Anda, terutama sandi rekening bank Anda, sehingga Anda tidak perlu menyimpannya di ponsel atau komputer Anda.

5.      Jangan Memakai Kata Sandi Yang Mudah

Pada akhir-akhir ini, pembuatan kata sandi telah lebih canggih dan tidak memungkinkan anda untuk menggunakan tanggal lahir atau nama anda saja.

Aplikasi mobile banking juga tidak lagi mengizinkan Anda menggunakan kata sandi yang begitu sederhana. Anda diwajibkan untuk memilih kata sandi yang terdiri dari kombinasi huruf kapital, huruf kecil , angka dan juga simbol. Jenis kata sandi ini lebih sulit untuk diretas, jadi menggunakan kata sandi yang rumit akan membantu menjaga keamanan akun Anda.

6.      Jangan Gunakan Kata Sandi Mobile Banking Yang Sama Dengan Akun Lain

Anda harus menggunakan kata sandi yang berbeda untuk semua akun online Anda, atau setidaknya gunakan kata sandi yang berbeda untuk aplikasi mobile banking Anda sehingga peretas yang mendapatkan akses ke salah satu akun online Anda tidak dapat membobol semuanya.

Mengubah kata sandi Anda setiap beberapa bulan juga akan sangat membantu mencegah peretasan akun online anda. Hal ini juga dapat mencegah peretas mengakses informasi perbankan Anda.

7.      Jangan Gunakan Kata Sandi Untuk Ponsel Anda

Di jaman yang semakin canggih, smartphone juga sudah dilengkapi dengan pemindai sidik jari hingga retina mata bahkan face recognition sehingga tidak ada orang lain yang dapat mengakses ponsel Anda tanpa izin.

Lapisan keamanan ekstra ini dapat mencegah orang lain meretas akun mobile banking Anda atau mendapatkan akses ke informasi pribadi lain yang tersimpan di ponsel Anda. Manfaatkan fitur keamanan ini untuk menjaga rekening bank Anda dan informasi pribadi lainnya.

8.      Gunakan Layanan Security Alerts

Security Alerts adalah pesan yang dikirim ke ponsel atau email Anda yang memberi tahu Anda tentang aktivitas baru atau mencurigakan terkait rekening bank Anda.

Peringatan tersebut bisa saja berisi informasi login dari perangkat baru atau pembelian yang tampak mencurigakan. Daftarkan Layanan Security Alerts ini jika bank Anda menawarkannya dan periksa rekening bank Anda secara teratur untuk mencari tanda-tanda aktivitas yang mencurigakan.

Baca Juga >>>  4 Pertimbangan : Aplikasi Neo+ Aman Atau Tidak ? <<<

Penutup

Demikian artikel tipshidup tentang ciri ciri mobile banking di hack dan juga bagaimana Langkah pencegahannya. Semoga dapat membantu anda mengatasi permasalahan hidup terutama terkait keuangan. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published.